Software Bisnis Marketing

Apa Itu Cybercrime


Mumpung masih anget pada mbahas kasusnya Ariel sama Luna Maya sama Cut ari, sekalian pengin nulis tentang Cybercrime. Apa Itu Cybercrime? Apa bedanya sama Es Krim? :hammer:

Cybercrime adalah kejahatan dunia maya, atau aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer (internet) sebagai alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Ya itu intinya. Simpel kan.. Hehehe.. :cendols

Kalau mau lebih lengkap, download makalah ini saja.. Klik!
Dan file presentasinya di sini.. Klik!

cybercrime

Kenapa sih kok sampai ada cybercrime..?? Ya banyak faktor, bisa saja karena orang yang melakukan cybercrime sedang iseng – iseng, tes keamanan jaringan, balas ingin menjatuhkan lawan bisnis, balas dendam, dan seseorang yang ingin mendapatkan keuntungan pribadi.

Lalu, kembali ke masalah ariel sama luna maya itu apakah termasuk cybercrime? Ya. karena si pengedar video itu menggunakan jaringan koputer (internet) sebagai alat melakukan kejahatannya.

Selain kasus ariel, apa lagi kasus – kasus cybercrime yang lain? Banyak. Pencurian data kartu kredit, rekening bank, membobol website sekolah, pemerintah, membajak akun facebook orang lain dsb.

Bagaimana dengan sanksi terhadap pelaku cybercrime? Mereka bisa terkena denda jutaan bahkan ratusan juta serta dipenjara selama beberapa tahun.

Terus bagaimana agar kita terhindar dari cybercrime ini? Ya kita harus berhati – hati dalam menggunakan komputer dan internet. Jangan beri tahu username dan password kepada orang lain, jangan menggunakan komputer yang ada virusnya, selalu menghapus jejak- jejak aktivitas kita apabila menggunakan komputer umum seperti warnet, dan sebagainya.

Demikian sekilas tentang cybercrime. Masih kurang? Silahkan berkunjung ke blog – blog yang lain untuk menambah wawasan.