Software Bisnis Marketing

Nama Penyerangan Kapal Mavi Marmara


Sebuah surat kabar Turki telah menerbitkan daftar nama penyerang Israel yang ikut dalam penyerbuan Mavi Marmara tahun 2010 lalu yang menewaskan sembilan aktivis Turki, mendapatkan nama-nama penyerang tersebut dengan mencari ke Facebook.

Surat kabar Turki Sabah, menulis, bahwa nama-nama itu diperoleh dengan menganalisis hubungan sosial di Facebook dan Twitter, serta membandingkan foto-foto di situs-situs internet dengan yang diambil di kapal Mavi Marmara.

Daftar nama 174 orang telah dilimpahkan ke jaksa Turki, selain gambar dari 10 tentara Israel, surat kabar itu mengutip perkataan anggota badan intelijen Turki yang tidak disebutkan namanya.

Sabah mengatakan bahwa atas permintaan jaksa melakukan penyelidikan, unit-unit intelijen kemudian memeriksa gambar serangan itu dan kemudian meluncurkan komando perburuan pada situs jejaring sosial seperti Facebook dan Twitter.


Mereka juga memeriksa gambar kunjungan Perdana Menteri Israel Benjamin Netanyahu ke pangkalan armada 13 di pantai Israel dekat Haifa, yang melakukan serangan terhadap armada Gaza, untuk mengidentifikasi para tentara ini.

Setelah mengidentifikasi beberapa tentara, pakar bahasa Ibrani meneliti korespondensi online mereka dengan tentara Israel lainnya yang diduga telah ikut ambil bagian dalam penyerbuan Mavi Marmara, dan mampu mengidentifikasi lebih banyak dari mereka yang terlibat dalam serangan tersebut melalui daftar "Friends" mereka di Facebook.

Nama-nama tentara tersebut juga dilaporkan telah dikonfirmasi oleh sumber-sumber intelijen Turki di Israel.

Langkah itu dilakukan pada saat Kepala Kejaksaan Istanbul mengajukan banding ke Organisasi Intelijen Turki (MIT) untuk mendapatkan informasi tentang identitas para tentara israel yang terlibat dalam serangan yang menewaskan sembilan warga Turki pada Mei tahun lalu, urat kabar Turki Today Zaman melaporkan pada awal September lalu.(fq/wb)

Sumber : Google.com