Software Bisnis Marketing

Pengertian Microcontroller


Microcontroller memiliki semua peralatan pokoknya sebagai sebuah komputer dalam satu chip. Peralatan tersebut diantaranya adalah:

- pemroses (processor)
- Memori,
- Input dan output
Kadangkala pada microcontroller ini beberapa chip digabungkan dalam satu papan rangkaian. Perangkat ini sangat ideal untuk mengerjakan sesuatu yang bersifat khusus, sehingga aplikasi yang diisikan ke dalam komputer ini adalah aplikasi yang bersifat dedicated. Jika dilihat dari harga, microcontroller ini harga umumnya lebih murah dibandingkan dengan komputer lainnya, karena perangkatnya relatif sederhana. Contoh alat ini diantaranya adalah komputer yang digunakan pada mobil untuk mengatur kestabilan mesin, alat untuk pengatur lampu lalu lintas.

ini contoh microcontroller nya :

[Image: mcs51.jpg]

ini microcontroller berjenis Microcontroller 8051 adalah anggota dari keluarga MCS-51 yang memiliki fasilitas antara lain :

1. CPU dengan kapasitas 8-bit
2. Operasi Boolean dalam bit
3. On-Chip 4 KB program memori
4. Program memori dapat diperbesar hingga 64 KB
5. On-Chip 128 byte data memori
6. Data memori dapat diperbesar hingga 64 KB
7. 4 buah port masing-masing 8 bit
8. Dua buah Timer/Counter 16 bit
9. Serial interface
10. 5 vektor interupsi dengan 2 tingkat prioritas
11. 210 lokasi bit-addressable


Microcontroller telah banyak digunakan di industri, walaupun penggunaannya masih kurang dibandingkan dengan penggunaan Programable Logic Control (PLC), tetapi microcontroller memiliki beberapa keuntungan dibandingkan dengan PLC. Ukuran microcontroller lebih kecil dibandingkan dengan suatu modul PLC sehingga peletakannya dapat lebih flexible. Microcontroller telah banyak digunakan pada berbagai macam peralatan rumah tangga seperti mesin cuci. Sebagai pengendali sederhana, microcontroller telah banyak digunakan dalam dunia medik, pengaturan lalu-lintas, dan masih banyak lagi.

REF : buku dosen ane + google.com :)

untuk penghitungan tiap kaki microcontroller..

ntar ada part II :))